Aminah Sabtu, Perempuan Penjahit Bendera Pertama di Indonesia Timur.

NusantaraNia.Net – Indah Permata Sari. Kisah haru datang dari seorang wanita parobaya yang terkenal menjadi pengebar bendera pertama di Indonesia Timur, beliau meninggal dunia pada bulan lalu.

Ia adalah salah seorang tokoh sejarah asal Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut) bernama Aminah Sabtu, Aminah merupakan perempuan pertama di daerah Ternate yang menjahit bendera merah putih RI.

Foto : Tajuktimur.com

Aminah telah meninggal dunia pada Sabtu 18 Juli 2018, nenek Aminah Sabtu tutup usia 91 tahun, kabar meninggalnya nenek Amina beredar luas di dunia maya, tentunya mengagetkan seluruh pembaca dan masyarakat Indonesia. Kabar itu pertama kalinya disampaikan oleh pemilik di akun sosial media yaitu Twitter Aiya Lee.

Foto : jawapos.com

Nenek Aminah salah satu perempuan pertama di Malut dan bahkan di Indonesia Timur yang berinisiatif untuk menjahit bendera merah putih RI sejak usianya masih 18 tahun dan mengibarkannya tepatnya pada 17 Agustus 1946.

Dan patut bangga kita punya perempuan pahlawan seperti Nek Aminah Sabtu. Dan pastinya sedih bangetkehilangan sosok perempuan yang tangguh seperti ini, guys.

Nenek Aminah disebut “Fatmawati” Tidore atau juga dari Indonesia Timur, sebab Aminah Sabtu yang menjahit bendera Merah Putih yang kemudian dikibarkan sekelompok pemuda pejuang di Tanjung Mareku, Pulau Tidore pada 18 Agustus 1946.

Nenek bendera selama ini pada hari-hari besar nasional seperti pada 17 Agustus, hari TNI dan Bhayangkara selalu mendapat hadiah bingkisan sebagai bentuk penghargaan. Selama ini hanya Ibu Fatmawati dikenal sebagai penjahit bendera Merah Putih yang dikibarkan saat upacara pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Pastinya ditahun ini dan seterusnya Malut dan Indonesia kehilangan perempuan berjasa, penganjurkan kebaikan, penebar rasa persaudaraan serta penyemangat membela negara kepada setiap orang datang menemuinya. Selamat jalan semoga amal kebaikan Aminah Sabtu selama masa hidupnya mendapat tempat layak disisi-Nya, amiini yah guys.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *