Fifa Word Cup, 1998-2018 Prancis Kembali Menang

NusantarNia.Net-Indah Permata Sari. Piala Dunia FIFA yang ke-21, turnamen sepak bola internasional empat tahunan yang diikuti oleh tim nasional pria asosiasi anggota FIFA banyak dinanti seluruh warga dunia. Turnamen ini diselenggarakan di Rusia pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018. Hingga masuk final, pertandingan memanas ketika Kroasia melawan Prancis yang sudah 20 tahun silam kembali menjadi pemenang di tahun 2018 ini (15/7).

Foto : Fifa.com

Piala dunia tahun ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan Eropa Timur dan kesebelas kalinya di Eropa. Juga untuk pertama kalinya turnamen ini berlangsung di dua benua – Eropa dan Asia. Semua stadion, kecuali satu, terletak di Rusia Eropa. Dengan perkiraan biaya lebih dari $ 14,2 miliar, ini merupakan Piala Dunia paling mahal yang pernah ada. Ini juga merupakan Piala Dunia pertama yang menggunakan asisten wasit video (VAR).
Putaran final melibatkan 32 tim nasional, terdiri dari 31 tim yang lolos melalui babak kualifikasi dan tim tuan rumah yang lolos secara otomatis. Dari 32 tim peserta, 20 tim membuat penampilan berturut-turut sejak edisi terakhir pada 2014 termasuk juara bertahan Jerman, sementara Islandia dan Panama keduanya tampil perdana di Piala Dunia FIFA. Sebanyak 64 pertandingan dimainkan di 12 stadion yang tersebar di 11 kota. Pertandingan final berlangsung pada 15 Juli di Stadion Luzhniki, Moskwa.

Juara bertahan, Jerman, tersingkir di babak penyisihan grup, pertama kalinya sejak 1938 di mana tim Jerman tidak lolos dari babak pertama turnamen Piala Dunia yang mereka ikuti. Spanyol, Portugal, dan Argentina, masing-masing dianggap pesaing kuat sebelum turnamen, tersingkir di babak 16 besar, sementara tim tuan rumah, meskipun mulai sebagai tim dengan peringkat terendah di turnamen, di luar dugaan mencapai babak perempat final. Turnamen ini menjadi yang pertama kalinya di mana tidak satu pun tim baik dari Argentina, Brasil, Jerman, atau Italia mencapai empat besar, dan juga kelima kalinya (setelah 1934, 1966, 1882, dan 2006) di mana semua empat tim teratas berasal dari Eropa.

Foto : Instagram reuters

Setelah sekian lama Prancis tak menjadi pemenang Piala Dunia Fifa, kali ini Prancis menjadi pemenang dalam pertandingan di tahun 2018, mengalahkan lawannya yang berasal dari Kroasia dengan skor 4-2, hingga menit 95 dengan penambahan waktu 5 menit, sementara Belgia menjadi juara setelah mengalahkan tim Inggris pada pertandingan perebutan tempat ketiga dengan skor 2-0.

Berkaca dari kemenangan Prancis setelah 20 tahun, memberi pesan untuk terus komitmen berkiprah hingga kemenangan lainnya tergapai, selamat Bro!

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *