Kenali Kode-kode Label Berikut Pada Buah

NusantaraNia.Net – Indah Permata Sari. Kamu membeli buah di supermarket atau pasar tradisional nih? Kalau di supermarket, biasanya buah punya kode-kode tertentu. Pernah memperhatikannya gak?

Stiker angka itu merupakan kode ‘Price Look Up’ (PLU) digital yang berisi informasi penting mengenai buah tersebut. Mau tahu apa arti dari kode-kode itu? Simak di bawah ini ya.

1. Kode 4 digit diawali dengan angka 3 atau 4
Jika pada stiker tertera 4 digit angka, artinya buah atau sayuran tersebut diproduksi dengan bantuan teknik agronomik, termasuk penggunaan pestisida dan pupuk. Tetapi jangan panik, karena penggunaan pestisidanya sangat rendah jadi tidak beracun.

Foto : Snopes.com

Selain itu, yang paling penting kamu harus tahu adalah cara membersihkan buah atau sayuran yang benar, supaya bisa menghilangkan residu pestisida, kuman, dan bakteri.

2. Kode 5 digit diawali dengan angka 8
Jika kamu melihat stiker ini, artinya buah ini telah dimodifikasi genetika dalam proses pertumbuhannya. Buah tersebut termasuk dalam pangan GMO yang sempat menjadi pro dan kontra.

Foto : juicing-for-health.com

Penelitian menunjukkan bahwa melon, papaya, dan pisang termasuk buah yang sering dimodifikasi genetika. Jika kamu mencari informasi tentang kode PLU, jangan sertakan nomer pertama dari 5 digit angka ini, karena itu hanya sebuah identitas untuk produk GMO.

3. Kode 5 digit diawali dengan angka 9
Jika kamu melihat kode 5 digit yang diawali dengan angka 9, artinya buah atau sayuran ini tumbuh sesuai dengan USDA organik standard. Alasanya, Program Organik Nasional USDA memiliki banyak syarat. Buah atau sayuran tersebut diproduksi dengan metode pertanian alami, tanpa menggunakan zat kimia.

Foto : energyfanatics.com

4. Buah yang tak ada stiker kode PLU
Kamu pasti sering membeli buah yang gak ada stiker kodenya, kan? Tapi itu bisa saja berbahaya. Buah yang impor seharusnya memiliki label stiker. Kalau tidak ada label sama sekali, kemungkinan telah dilepas karena alasan tertentu.

Foto : food.ndtv.com

Nah, itulah arti stiker kode yang tertera pada buah atau sayuran. Sebelum membeli, cobalah selalu memperhatikannya ya. Jangan sampai salah makan, maunya sehat eh tapi malah bahaya.

Sumber : IDNTimes

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *