Melihat Etnis India Berbuka Puasa Di Tanah Deli

NusantaraNia.Net-Indah Permata Sari. Etnis India merupakan salah satu suku yang sudah lama bermukim di Kota Medan, selama ini etnis India Kota Medan ķerap diindentikan dengan penganut agama Hindu. Namun ternyata, komunitas India muslim di Kota Medan sudah ada sejak puluhan tahun silam.

Pembagian Nasi Briani menjelang berbuka puasa (20/5/2018)
Foto : Indah Permata Sari

Jejak India muslim di Kota Medan sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka, mereka umumnya datang dari India bagian selatan, eksistensi etnis India di tanah Deli dibuktikan dengan peninggalan sejumlah tempat bersejarah, salah satunya peningggalan peradaban India Muslim di Mesjid Ghaudiyah Jalan Haji Zainul Arifin Medan, Kecamatan Medan Petisah, Sumatera Utara.

Setiap  bulan suci Ramadan tiba, mesjid yang merupakan komunitas India muslim ini menyediakan menu berbuka puasa berupa nasi briani, bubur sup khas India, dan  menjadi menu spesial disajikan bagi warga yang akan berbuka puasa.

Bulan suci Ramadan 1439 Hijriah, Yayasan ‘The South Indian Moslem Mosque’ merupakan salah satu komunitas masyarakat etnis India Muslim yang ada di Kota Medan, setiap tahunnya di Mesjid Ghaudiyah ini rutin melakukan buka puasa bersama. Namun, di Mesjid yang berdiri sejak tahun 1981 setiap hari minggu di bulan puasa, makanan khas berbuka puasanya  berupa nasi dan bubur khas India.

Kegiatan buka puasa bersama menjadi ajang silaturahmi antara etnis India muslim dan masyarakat di Kota Medan, tradisi ini pun sudah dilakukan sejak puluhan tahun silam, etnis Muslim India membuat acara buka bersama secara besar-besaran. Setiap hari mereka menyediakan ratusan menu buka puasa bagi para etnis muslim India dan warga Kota Medan.

Foto : Indah Permata Sari

Muhammad Sidik Saleh sebagai Ketua Yayasan ‘The South Indian Moslem Mosque’ mengatakan “Komunitas di Yayasan kita kebanyakan india, tapi kita sudah berbaur jadi untuk umum juga boleh, seperti salat, berbuka puasa disini, gak ada masalah.”

Sidik juga mengatakan bahwa warga Kota Medan saat ini dengan jumlah 500 KK yang kurang lebih 2000 jiwa dan Sumatera Utara 700 hingga 800 KK yang setiap hari bulan puasa mereka memasak bubur sup khas India di dua masjid yang telah dibagikan untuk seluruh masyarakat, tetangga, dan terdekat dengan mesjid. Lalu, berbuka puasa bersama, setiap hari minggu akan dilakukan buka puasa bersama dengan menu ciri khas India seperti nasi Briani Dalcha, Martabak, Roti Cane dan Minuman Chai.

Foto : Indah Permata Sari

Saat ini perkembangan etnis muslim India telah berkembang pesat di Kota Medan, itu terbukti dengan banyaknya etnis India muslim yang memenuhi kawasan kampung mMadras, keberadaan etnis India di Medan menjadikan Kota ini sebagai kota yang majemuk dan multi etnis.

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *