Peringati Hari Anak Nasional, YAFSI Mengajak Anak-Anak Lestarikan Permainan Tradisional

NusantaraNia.Net Rahma Sinditia. Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati pada tanggal 23 juli sesuai dengan keputusan Presiden RI Nomor 44 Tahun 1984. Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) yang didukung Gerakan mamak-mamak rajut (GEMMAR) dan beberapa komunitas yang berada di Kampung Aur untuk mengadakan permainan tradisional di Kampung Aur, Medan Maimun pada Minggu (22/7).

Ada 6 permainan tradisional yang dilombakan yaitu lomba enggrang, engkleng, congklak, bakiak, kelereng dan tarik tambang. Selain lomba permain tradisional YAFSI juga mengajak anak-anak untuk menumbuhkan perilaku hidup sehat dengan mengadakan mencuci tangan bersama.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat untuk memenuhi hak-hak anak. Dan melalui acara Hari Anak Nasional ini, kami dari YAFSI ingin menyuarakan bahwa Medan harus menjadi Kota Layak Anak, ” ujar Ketua YAFSI, Badriyah
YAFSI ingin membantu pemerintah dengan menjadikan kota Medan menjadi kota layak anak, dengan mengadaka acara ini semoga anak-anak bisa melestarikn permain tradisional.
Mereka berharapan dengan adanya permainan tradisional ini anak-anak dapat mengasah kreatifitas mereka dan juga belajar bersosialisasi dengan teman sebaya ” ujar odi selaku kordinator”.

Eniwei, dari keseluruhan acara ide kegiatan ini patut diacungi jempol. Paten kali, kata orang Medan.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *