Pesta Pernikahan Murah dan Menyenangkan? Kenapa Nggak?

Nusantarania.net- Pernikahan merupakan momen terindah  dan berharga yang ingin dikenang.  Setiap bangsa pun  memiliki tradisi dan keunikan tersendiri dalam merayakan. Mulai dari persiapan, lamaran, tamu, pilihan undangan manual atau e-invitation, kostum, make up, makanan, minuman, dokumentasi, hiburan hingga pemilihan tempat.

Well… Karena hakikat pernikahan bukanlah pesta mewah, namun doa restu dari para tamu undangan agar mempelai disatukan dalam kebaikan. Maka, makna lebih berarti  dari pada pemborosan.  So, pemilihan tempat pesta pernikahan menjadi sangat penting demi penyesuaian biaya.

Pesta Taman bernuansa putih Pernikahan Ahdiat Permana dan Zivana Sabili di Desa-desa Resto Medan.|Istimewa

Konsep pesta taman bernuansa putih di  Pernikahan Ahdiat Permana dan Zivana Sabili di Desa-desa Resto Medan. | Istimewa

Jika selama ini gedung selalu menjadi pilihan, restoran yang memiliki taman, halaman atau kebun bisa menjadi alternatif dengan beberapa pilihan tema.

1. Nuansa tradisi dua mempelai.

Menampilkan elemen- elemen latar belakang dua budaya. Misal Jawa atau Batak. Ulos dan batik menjadi elemen penting interior restoran. Berikut juga pilihan makanan, ombus-ombus dan getuk jadi kudapan utama.

2. Nuansa lucu.

Dekorasi tempat dibuat sedemikian berwarna dengan mengutamakan aneka  warna demorasi dan kejutan hadiah kejutan atau cenderamata bagi para tamu. Warna cerah dengan tambahan dekorasi aneka pita  atau kincir angin hiasan  di kursi dan meja tamu akan memberi kesan menyenangkan.

3. Nuansa restoran di alam tepian pantai, danau atau kolam.

Alam asri dapat dijadikan elemen penting dalam kampanye cinta lingkungan.  Pengantin dan tamu dilibatkan dalam pelepasan burung, bibit ikan atau tukik. Memang harus ada budget tambahan untuk pembelian bibit dan burung. Namun ini tidak ada ruginya demi kelestarian alam.

4. Nuansa hobi.

Konsep pelepasan burung merpati oleh pengantin diikuti pelepasan burung-burung kecil oleh keluarga dan tamu.|Istimewa

Konsep pelepasan burung merpati oleh pengantin diikuti pelepasan burung-burung kecil oleh keluarga dan tamu. | Istimewa

Jika keluarga atau mempelai memiliki koleksi atau hobi tidak ada salahnya menjadikan pernak-pernik tersebut menjadi elemen penting dekorasi dan tema pesta pernikahan. Misal penyuka sepeda ontel, miniatur mobil, komik, atau hobi tenis, dekorasi pun dilengkapi dengan hal- hal bernuansa hobi tersebut.

Dari hasil wawancara dengan beberapa jasa penyelenggara pesta pernikahan, rata-rata pengeluaran  biaya nikah di gedung sekitar Rp 100 juta – Rp 500 juta.

“Namun biaya pesta nikah yang menarik dan bertema menyenangkan juga sangat mungkin dilaksanakan dengan budget Rp 50 jutaan saja dengan memanfaatkan dekorasi restoran.”

Demikian ujar Kiky salah satu event organizer  di kota Balikpapan. Menurut Kiky yang sudah berkecimpung dalam bisnis ini sejak tahun 2000-an ia sudah banyak menggelar pesta pernikahan meriah menyesuaikan budget mempelai. Pada prinsipnya saat ini orang tua serta calon pasangan mencari pernikahan sederhana, unik, menyenangkan tapi juga terjangkau.

“Restoran dengan dekor taman yang asri  ber-budget makanan lengkap sekitar Rp 70 ribu per orang dengan 500 undangan berbiaya Rp. 35 juta.  Keluarga hanya butuh dekor kursi mempelai. Sementara biaya lain-lain untuk baju dapat disewa sesuai kemampuan. Jika diberi tema dan nuansa warna yang menarik pesta berbiaya sederhana juga bisa dilaksanakan dengan kegembiraan.”  Ujar Kiky lagi.

Konsultasikan keuangan dengan penyedia jasa  pernikahan… bijak dalam persiapan membina rumah tangga tentu lebih utama dari pesta pernikahan itu sendiri.

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *