Tradisi Menjelang Puasa

Yuk…Mengenal Tradisi Menjelang Puasa

NusantaraNia.Net-Indah Permata Sari. Inilah beberapa tradisi menjelang puasa bagi umat Islam khususnya di Kota Medan, Sumatera Utara yang merupakan kegiatan rutin saat menjelang puasa, simak yah guys :

1. Bersihkan Mesjid

Kegiatan spesial dalam menyambut bulan puasa untuk mensucikan tempat ibadah maka dilakukan pembersihan mesjid yang merupakan kegiatan rutin dalam menjelang bulan Ramadan.

Foto : detikcom. Salah satu tradisi menjelang bulan puasa

Mesjid merupakan rumah tempat ibadah para umat Islam yang artinya tempat sujud, dan sebutan lain bagi mesjid di Indonesia yaitu musala yang tidak diperuntukkan untuk salat Jumat dengan ukuran kecil. Selain digunakan untuk tempat ibadah, juga menjadi pusat kehidupan komunitas Muslim, seperti diskusi, kajian agama, ceramah, dan belajar Al-Qur’an.

Dalam kegiatan bulan Ramadan  mesjid akan mengakomodasi umat Muslim untuk beribadah di bulan Ramadan, biasanya mesjid akan sangat ramai di minggu pertama serta akan menyelenggarakan acara pengajian, sehingga membersihkan mensjid yang telah menjadi tradisi dalam menjelang puasa.

2. Mandi Pangir

Yeay… ini dia kegiatan unik yang dilakukan oleh para umat Islam sebelum datangnya bulan puasa dengan melakukan pemandian pangir untuk menyegarkan dan wewangi pada tubuh.

Foto : Instagram Cerita Medan

Mandi Pangir dalam Islam sebelum puasa telah menjadi tradisi yang dilakukan para umat Islam dengan mandi air berisi daun pandan wangi, serai, daun kalkausa, dan beberapa daun lainnya yang diyakini dapat membersihkan seluruh tubuh sebelum melaksanakan puasa. Pangir tersebut banyak dijual setiap sudut kota medan dan dijual dengan harga Rp 5.000 per satu ikat.

Konon daun ini digunakan oleh bangsawan melayu untuk membersihkan badan sebelum menggunakan sabun mandi, dan mandi Pangir yang dilakukan ini dengan berbagai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa.

3. Pantau Hilal

Nah, kalau kegiatan yang satu ini akan menentukan kapan awal puasa di tahun 2018 atau 1439 Hijriah.

Foto : Indah Permata Sari. Petugas Badan Meteorologi Klomatologi dan Geofisika (BMKG), mengunakan teleskop di gedung Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Sumatera Utara, Selasa Sore (15/5/2018).

Pemantau bulan untuk menentukan awal puasa atau 1 Ramadan 2018 (1439 H) yang dilakukan oleh Petugas Badan Meteorologi Klomatologi dan Geofisika (BMKG), dengan mengunakan teleskop di gedung Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Sumatera Utara, Selasa Sore (15/5/2018).

Pemantauan Hilal tersebut dilakukan sebagai tanda hadirnya bulan suci Ramadan, namun saat pemantauan hilal, hasil oleh petugas BMKG yang sedang berlangsung belum adanya tanda hilal tersebut.

4. Pawai Obor Sambut Ramadhan

Foto : Indah Permata Sari. Ratusan umat muslim yang tergabung dari berbagai elemen ini menggelar aksi pawai obor di depan Masjid Raya Al-Mashun Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara, Senin Malam (14/5/2018)

Dan yang ini kegiatan seru dengan dilakukan pada malam hari sebelum datangnya bulan puasa.

Sambut bulan puasa Ramadhan 1439 H, ratusan umat Muslim yang tergabung dari berbagai elemen ini menggelar aksi pawai obor di depan Masjid Raya Al-Mashun Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara, Senin Malam (14/5/2018). Kegiatan ini telah menjadi tradisi menjelang puasa, juga dengan dilaksanakan Tausiyah oleh para ulama, serta tokoh dan aktifis ormas pergerakan Islam Sumatera Utara.

Aksi pawai obor tersebut dilakukan untuk menyambut kedatangan bulan serta menjalin silaturahim antar umat islam dengan lantunan lagu islami.

Marhaban Ya Ramadhan..
Bulan Suci penuh berkah akan tiba, saatnya untuk mendekatkan diri pada-Nya
Semoga Informasi diatas dapat bermanfaat buat kamu Guys

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *