Waw… Ternyata Inilah Dampak Buruk Minum Berdiri


NusantaraNia.Net – Indah Permata Sari. Minum adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang sangat penting di samping makan. Karena sebagian besar komposisi tubuh manusia adalah air, maka manusia akan bisa bertahan lebih lama jika tidak makan dibandingkan dengan tidak minum. Kurang minum pun dapat membawa dampak buruk bagi tubuh. Tubuh akan menjadi dehidrasi dan akibatnya bisa membahayakan organ tubuh yang lain.
Selain kurang minum ternyata ada satu hal lagi yang juga dapat membawa dampak buruk bagi tubuh, yaitu minum sambil berdiri. Nah, apakah kamu pernah atau bahkan sering melakukannya tanpa disadari? Jika iya maka mulai sekarang cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut ya, karena dampaknya tidak baik untuk tubuh lo. Berikut ini adalah tujuh dampak buruk yang dapat terjadi ketika seseorang meneguk air sambil berdiri!

1. Minum sambil berdiri dapat mengganggu bahkan merusak sistem pencernaan

Ketika kamu meneguk air sambil berdiri maka tenggorokan akan menyempit dan mengerut. Akibatnya air akan langsung masuk ke dalam tubuh dengan cepat tanpa melewati usus ataupun dinding usus. Kondisi yang seperti ini selanjutnya akan menimbulkan cipratan air ke dinding perut. Jika terus menerus terjadi maka dampak jangka panjangnya cipratan inilah yang dapat merusak sistem pencernaan.

Selain itu, air yang masuk dengan cepat ke dalam tubuh tanpa melewati usus pun dapat menimbulkan dampak lain yaitu terhambatnya proses penghancuran makanan pada jaringan pencernaan. Akibatnya kamu dapat mengalami rasa nyeri pada perut, kembung, mual, atau bahkan hingga muntah.

2. Ginjal tidak bisa melakukan proses penyaringan dengan baik
Selain terganggunya sistem pencernaan, minum sambil berdiri juga berdampak buruk pada ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang cukup vital sehingga memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk melakukan proses penyaringan. Tetapi jika kamu meneguk air sambil berdiri, fungsi ginjal untuk menyaring akan terganggu.

Posisi tubuh ketika minum sambil berdiri dapat mengakibatkan filter penyaring pada ginjal menjadi tertutup. Jika demikian maka air yang diminum akan langsung masuk ke kandung kemih tanpa melalui proses penyaringan terlebih dahulu pada ginjal. Akibatnya kotoran akan menumpuk di ureter dan lama kelamaan bisa menyebabkan gangguan pada saluran kemih. Dampak jangka panjangnya lagi adalah kerusakan permanen pada ginjal. Menyeramkan kan?

3. Lambung dapat terganggu
Organ tubuh yang rentan terganggu jika kamu sering minum sambil berdiri adalah lambung. Ketika minum sambil berdiri, air akan masuk secara tiba-tiba ke lambung sehingga proses pencernaan makanan pun menjadi sulit. Akibatnya dinding lambung dapat terluka, lalu terjadi peradangan lambung, dan asam lambung pun dapat meningkat.

4. Saraf-saraf tubuh menjadi tegang
Tanpa kamu sadari, minum sambil berdiri dapat membuat saraf-saraf yang ada pada tubuh menjadi tegang lho. Saat berdiri sistem urat saraf simpatik akan aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan. Lain halnya jika minum sambil duduk yang dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatik. Saraf inilah yang dapat menenangkan pikiran dan meringankan proses pencernaan.

Selain itu tegangnya saraf-saraf juga dapat mengakibatkan saraf menjadi stress. Kondisi ini dapat memicu disfungsi saraf atau kondisi saraf tidak normal, yang selanjutnya dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh, koordinasi otot, dan gerakan tubuh.

5. Haus malah jadi susah hilang
Tujuan minum adalah untuk menghilangkan rasa haus. Tetapi tahukah kamu jika minum sambil berdiri justru rasa haus malah tidak hilang lo.

Hal ini dikarenakan air yang masuk ke dalam tubuh tidak terserap dengan sempurna dan malah menyebar kemana-mana. Karena penyerapan yang tidak sempurna itulah rasa dahaga pun jadi susah hilang.

6. Risiko terkena arthritis
Percayakah hanya karena minum sambil berdiri risiko arthritis dapat menghantui? Arthritis adalah peradangan pada sendi yang dapat menimbulkan rasa sakit, bengkak, kaku, dan sulit bergerak.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, jika kamu minum sambil berdiri, air yang masuk ke dalam tubuh tidak tersebar secara merata termasuk ke bagian sendi. Akibatnya cairan tubuh menjadi tidak seimbang dan terjadi penumpukan cairan pada sendi yang dapat menyebabkan arthritis.

7. Kesehatan jantung dapat terganggu
Satu lagi dampak minum sambil berdiri yang mungkin tidak kamu duga, yaitu terganggunya kesehatan jantung. Ketika minum sambil berdiri, ada reaksi secara tiba-tiba dari saraf kelana. Saraf kelana adalah salah satu saraf yang berhubungan dengan jantung. Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa ketika minum sambil berdiri saraf simpatik akan aktif, maka ketika itu pula saraf simpatik ini akan berefleksi dengan saraf kelana. Apabila kedua saraf ini berefleksi maka selanjutnya akan mempengaruhi detak jantung.

Nah, itu tadi tujuh dampak negatif yang bisa ditimbulkan akibat dari minum sambil berdiri. Dalam beberapa kesempatan seperti ketika di kantor, di pesta, atau dimana pun mungkin minum sambil berdiri tidak dapat dihindari. Tetapi sebisa mungkin kebiasaan tersebut dikurangi sedikit demi sedikit. Tidak mau kan kesehatan terganggu hanya karena kebiasaan sesepele tersebut? Selamat hidup sehat!

Sumber : IDNTimes

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *